Dinamika sosial di lingkungan tempat
tinggal saya berada, merupakan dinamika sosial pendidikan yang cukup baik.
Mengapa dikatakan demikian? Karena peranan keluarga, sekolah dan masyarakat di
dalam lingkungan pendidikan menjadi tombak utama yang mendorong adanya dinamika
pendidikan itu sendiri. Manusia selama hidupnya selalu akan mendapatkan
pengaruh dari keluarga, sekolah dan masyarakat. Ketiga lingkungan itu, disebut
sebagai tripusat pendidikan yang akan mempengaruhi manusia secara bervariasi.
Kemajuan masyarakat, perkembangan iptek yang semakin cepat, serta menguatnya
era globalisasi saat ini akan mempengaruhi
peran dan fungsi ketiga lingkungan pendidikan itu. Secara umum, fungsi
lingkungan pendidikan adalah membantu peserta didik dalam berinterkasi dengan
berbagai lingkungan sekitarnya (fisik, sosial dan budaya).
Penataan lingkungan pendidikan di tempat tinggal
saya berada, dapat berkembang secara efektif dan efisien. Di dalam lingkungan
pendidikan di sekitar tempat tinggal saya berada, masyarakat di dalamnya
memiliki peranan penting sebagai pendorong adanya dinamika pendidikan, seperti
adanya lembaga informal yang dimulai dari lingkungan pendidikan keluarga.
Masyarakat di lingkungan sekitar tempat tinggal saya, banyak ditemui adalah
masyarakat yang berlatar belakang berpendidikan. Lingkungan pendidikan
masyarakat merupakan kawasan kelompok sosial yang dapat membentuk karakter
perkembangan individu dari lingkungannya. Namun terdapat hanya sebagian kecil
yang tidak berpendidikan.
Di sekitar lingkungan tempat tinggal
saya, terdapat pendidikan sekolah formal. Dimana sekolah formal adalah jalur
pendidikan yang terstruktur dan berjenjang. Namun, bagi sebagian masyarakat
yang tidak berlatar belakang pendidikan, sebenarnya mereka telah melakukan
suatu dinamika sosial yaitu di dalam keluarganya. Karena keluarga merupakan
lingkungan yang menjadi tempat terbentuknya kepribadiab manusia yang di
dalamnya terdapat nilai-nilai agama, kemanusiaan, kebangsaan dan keadilan yang
saling berkaitan satu sama lain. Dan di dalam keluarga juga terdapat fungsi
biologis yang dapat menambah keturunan, fungsi sosialos yang dapat membentuk
lingkungan melalui interaksi yang dapat saling mempengaruhi dan di pengaruhi,
fungsi afeksi berkenaan dengan adanya rasa kasih sayang dan merasa penting di
dalam keluarganya, fungsi ekonomi berkenaan dengan tingkat pendidikan dan
keterampilan mencari mata pencaharian, fungsi pendidikan keluarga sebgai bentuk
kepribadian, fungsi agama berkenaan dengan niali nilai religius untuk mencapai
kesejahteraan manusia di dunia dan akhirat, fungsi rekreasi berkenaan dengan
adanya aktfitas di lingkungan luar rumah sehingga terciptanya suatu
keharmonisan.
Dinamika sosial pendidikan yang baik muncul dari
lingkungan pendidikan keluarga terlebih dahulu syang menjadi bagian pertama
paling utama sebagai bentuk kepribadian, lalu dilanjutkan dengan lingkungan
pendidikan sekolah sebagai pendukung yang menuju nilai-nilai kesepurnaan, dan
dilanjutkan dengan lingkungan pendidikan masyarakat sebagai penguatnya yang
dapat mewujudkan perkembangan dinamika secara seutuhnya. Di sekitar lingkungan
saya telah menerapkan dinamika pendidikan tersebut, karena di dalam keluarnya,
anaknya di didik dan dibentuk, lalu di sekolahkan agar ia memiliki pengetahuan
yang lebih luas dan dapat berinteraksi sepenuhnya dengan baik dalam lingkungan
masyarakat dan budaya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar