Senin, 11 Desember 2017

DINAMIKA SOSIAL DI LINGKUNGAN PENDIDIKAN TEMPAT TINGGAL

                 Dinamika sosial di lingkungan tempat tinggal saya berada, merupakan dinamika sosial pendidikan yang cukup baik. Mengapa dikatakan demikian? Karena peranan keluarga, sekolah dan masyarakat di dalam lingkungan pendidikan menjadi tombak utama yang mendorong adanya dinamika pendidikan itu sendiri. Manusia selama hidupnya selalu akan mendapatkan pengaruh dari keluarga, sekolah dan masyarakat. Ketiga lingkungan itu, disebut sebagai tripusat pendidikan yang akan mempengaruhi manusia secara bervariasi. Kemajuan masyarakat, perkembangan iptek yang semakin cepat, serta menguatnya era  globalisasi saat ini akan mempengaruhi peran dan fungsi ketiga lingkungan pendidikan itu. Secara umum, fungsi lingkungan pendidikan adalah membantu peserta didik dalam berinterkasi dengan berbagai lingkungan sekitarnya (fisik, sosial dan budaya).
             Penataan lingkungan pendidikan di tempat tinggal saya berada, dapat berkembang secara efektif dan efisien. Di dalam lingkungan pendidikan di sekitar tempat tinggal saya berada, masyarakat di dalamnya memiliki peranan penting sebagai pendorong adanya dinamika pendidikan, seperti adanya lembaga informal yang dimulai dari lingkungan pendidikan keluarga. Masyarakat di lingkungan sekitar tempat tinggal saya, banyak ditemui adalah masyarakat yang berlatar belakang berpendidikan. Lingkungan pendidikan masyarakat merupakan kawasan kelompok sosial yang dapat membentuk karakter perkembangan individu dari lingkungannya. Namun terdapat hanya sebagian kecil yang tidak berpendidikan.
            Di sekitar lingkungan tempat tinggal saya, terdapat pendidikan sekolah formal. Dimana sekolah formal adalah jalur pendidikan yang terstruktur dan berjenjang. Namun, bagi sebagian masyarakat yang tidak berlatar belakang pendidikan, sebenarnya mereka telah melakukan suatu dinamika sosial yaitu di dalam keluarganya. Karena keluarga merupakan lingkungan yang menjadi tempat terbentuknya kepribadiab manusia yang di dalamnya terdapat nilai-nilai agama, kemanusiaan, kebangsaan dan keadilan yang saling berkaitan satu sama lain. Dan di dalam keluarga juga terdapat fungsi biologis yang dapat menambah keturunan, fungsi sosialos yang dapat membentuk lingkungan melalui interaksi yang dapat saling mempengaruhi dan di pengaruhi, fungsi afeksi berkenaan dengan adanya rasa kasih sayang dan merasa penting di dalam keluarganya, fungsi ekonomi berkenaan dengan tingkat pendidikan dan keterampilan mencari mata pencaharian, fungsi pendidikan keluarga sebgai bentuk kepribadian, fungsi agama berkenaan dengan niali nilai religius untuk mencapai kesejahteraan manusia di dunia dan akhirat, fungsi rekreasi berkenaan dengan adanya aktfitas di lingkungan luar rumah sehingga terciptanya suatu keharmonisan.
            Dinamika sosial pendidikan yang baik muncul dari lingkungan pendidikan keluarga terlebih dahulu syang menjadi bagian pertama paling utama sebagai bentuk kepribadian, lalu dilanjutkan dengan lingkungan pendidikan sekolah sebagai pendukung yang menuju nilai-nilai kesepurnaan, dan dilanjutkan dengan lingkungan pendidikan masyarakat sebagai penguatnya yang dapat mewujudkan perkembangan dinamika secara seutuhnya. Di sekitar lingkungan saya telah menerapkan dinamika pendidikan tersebut, karena di dalam keluarnya, anaknya di didik dan dibentuk, lalu di sekolahkan agar ia memiliki pengetahuan yang lebih luas dan dapat berinteraksi sepenuhnya dengan baik dalam lingkungan masyarakat dan budaya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar