Senin, 11 Desember 2017

Pandangan Perenialisme tentang Pendidikan


            Perenialisme dalam konteks pendidikan dibangun atas dasar suatu keyakinan ontologisnya, bahwa batang tubuh pengetahuan yang berlangsung dalam ruang dan waktu ini mestilah terbentuk melalui dasar-dasar pendidikan yang diterima manusia dalam kesejarahannya. Menurut Robert M. Hutchins, tugas pokok pendidikan adalah pengajaran. Pengajaran menunjukkan pengetahuan sedangkan pengetahuan itu sendiri adalah kebenaran. Kebenaran pada setiap manusia adalah sama, oleh karena itu dimana pun dan kapan pun ia akan selalu sama.

            Menurut Mortimer J. Adler menyebutkan bahwa mengingat esensi manusia pada rasionalitas, maka faktor intelektualitas memerlukan perhatian khusus manusia sebagai manusia. Esensi pendidikan general disini selalu berkenaan dengan kehidupan intelektualitas ini. Pendidikan menurut aliran ini bukanlah semacam imitasi kehidupan, melainkan adalah suatu upaya mempersiapkan kehidupan. Sekolah menurut kelompok ini tidak akan pernah menjadi situasi kehidupan riil. Anak dalam ini menyusun rancangan dimana ia belajar dengan prestasi-prestasi warisan budaya masa lalu. Tugasnya adalah merealisasikan nilai-nilai yang diwariskan kepadanya dan jika memungkinkan meningkatkan dan menambah prestasi-prestasi itu melalui usaha sendiri. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar