Senin, 11 Desember 2017

Fungsi dan Prinsip Pengelolaan Pendidikan


·         Pengambilan Keputusan
      Keputusan pada dasarnya ditunjukkan untuk memecahkan masalah. Setiap keputusan hendaknya merupakan alternatif terbaik. Di dalam konteks organisasi dan manajemen terdapat pembuatan keputusan. Tanpa keputusan, tidak akan ada kegiatan, dan tanpa kegiatan tidak ada kehidupan dalam organisasi, dan bila tidak ada kehidupan, maka organisasi itu akan mati. Sehingga fungsi dalam pembuatan keputusan akan membawa dampak terhadap seluruh organisasi, perilakunya, hasil keputusan dan juga melihat resiko yang akan di hadapi. Setiap keputusan hendaknya sudah dapat mempertimbangkan resiko secara sistematik, dan keputusan yang efektif adalah keputusan yang dapat dilaksanakan dan menghasilkan sesuatu hasil yang dapat di ukur.

·         Perencanaan
Perencanaan merupakan kegiatan untuk menetapkan tujuan yang akan dicapai beserta cara untuk mencapai tujuan tersebut. Perencanaan sebagai pemilihan atau penetapan tujuan organisasi dengan penentuan strategi, kebijaksanaan, metode, prosedur, dan sebagainya yang memiliki fungsi membuat tujuan organisasi itu untuk mencapai tujuan yang telah dilakukan. Dengan demikian di dalam manajemen pendidikan, hendaknya memperhatikan perencanaan karena perencanaan merupakan awal dari segala aspek yang akan dilakukan. Perencanaan dalam manajemen pendidikan merupakan kunci utama untuk menjalankan segala aktivitas lain, karena suatu aktivitas yang dilakukan tidak akan berjalan dengan baik tanpa didahului oleh adanya perencanaan. Perencanaan dapat dikatakan berhasil apabila rencana tersebut dapat dirasakan manfaatnya.



·         Pengorganisasian
Suatu rencana yang telah tersusun secara matang tentunya tak terelpas dari adanya organisasi pada tujuan yang hendak dicapai, sehingga memerlukan peraturan yang harus ditaati oleh setiap orang dalam organisasi tersebut agar dapat berjalan seimbang dengan bekerjasama mencapai tujuan. Tanpa pengorganisasian suatu rencana tidak dapat berhasil karena tindakan pengorganisasian menjembatani kegiatan  perencanaan dan pelaksanaan. Adapun prinsip pengorganisasian yaitu mempunyai tujuan yang jelas, adanya kesatuan perintah, adanya pembagian tugas yang jelas, adanya struktur organisasi dan keseimbangan antara wewenang dan tanggung jawab dalam melaksanakan tugas.

·         Komunikasi
Suatu usaha yang dilakukan oleh pimpinan lembaga untuk menyebarluaskan informasi yang terjadi di dalam lembaga maupun hal-hal diluar lembaga yang ada kaitannya dengan kelancaran tugas untuk mencapai tujuan bersama dengan menyalurkan informasi, ide, penjelasan, dengan saling berinteraksi satu sama lain.

·         Koordinasi
Koordinasi sangat diperlukan dalam manajemen, untuk menyatukan kesamaan pandangan yang menghubungkan bagian yang satu dengan bagian yang lain sehingga tercipta suatu kegiatan yang mengarah pada tujuan.prinsip. proses pendidikan yang baik dan bermutu tinggi apabila pengorganisasian input pendidikan dilakukan secara harmonis sehingga mampu menciptakan suasana belajar mengajar yang menyenangkan, mendorong motivasi belajar, bekerja, dan memperdayakan sumber daya pendidikan.

·         Pengawasan
Pengawasan adalah salah satu unsur yang dapat dimanfaatkan untuk membantu kelancaran implementasi. Pengawasan ini mencakup pemantauan atau monitoring, evaluasi, dan intervensi untuk meluruskan apa yang ditemui tidak sesuai dengan ketentuan aturan yang sudah dilakukan. Pengawasan ini dapat dilakukan oleh aparat yang ditunjuk untuk itu, atau langsung oleh unsur pimpinan terhadap bahawannya.


·         Evaluasi
Evaluasi merupakan kajian ulang setiap langkah dan tahapan yang telah dilaksanakan dengan proses penilaian untuk mengetahui tingkat efesien dan efekivitas manajemen dalam rangka melaksanakan keputusan. Dengan adanya evaluasi, keseluruhan gambaran proses implementasi dapat diketahui tingkat kemajuaannya, kesulitan dan hambatannya, dengan disusun secara sistematik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar