Dalam proses pembelajaran, guru dituntut
untuk mampu mengembangkan potensi-potensi peserta didik secara optimal. Upaya
untuk mendorong terwujudnya perkembangan potensi peserta didik tersebut
tentunya merupakan suatu proses panjang yang tidak dapat diukur dalam periode
tertentu, apalagi dalam waktu yang sangat singkat. Meskipun demikian, indikator
terjadinya perubahan kearah perkembangan pada peserta didik dapat dicermati
melalui instrumen-instrumen pembelajaran yang dapat digunakan oleh guru. Oleh
karena itu seluruh proses dan tahapan pembelajaran harus mengarah pada upaya
mencapai perkembangan potensi-potensi anak tersebut.
Agar
aktivitas yang dilakukan guru dalam proses pembelajaran terarah pada upaya
peningkatan potensi siswa secara komprehensip, maka pembelajaran harus
dikembangkan sesuai dengan prinsip-prinsip yang benar, yang bertolak dari
kebutuhan internal siswa untuk belajar. Menurut Davies (1991:32) mengingatkan
beberapa hal yang dapat menjadikan kerangka dasar bagi penerapan
prinsip-prinsip belajar dalam proses pembelajaran, yaitu:
1. Hal
apapun yang dipelajari murid, maka ia harus mempelajarinya sendiri. Tidak
seorangpun yang dapat melakukan kegiatan belajar tersebut untuknya.
2. Setiap
murid belajar menurut tempo (kecepatannya) sendiri dan untuk setiap kelompok
umur, terdapat variasi dalam kecepatan belajar.
3. Seorang
murid belajar lebih banyak bilamana setiap langkah segera diberikan penguatan.
4. Penguasaan
secara penuh dari setiap langkah-langkah pembelajaran, memungkinkan murid
belajar secara lebih berarti.
5. Apabila
murid diberikan tanggung jawab untuk mempelajari sendiri, maka ia lebih
termotivasi untuk belajar, dan ia akan belajar dan mengingat lebih baik.
Prinsip belajar menunjuk kepada hal-hal penting yang
harus dilakukan guru agar terjadi proses belajar siswa sehingga proses
pembelajaran yang dilakukan dapat mencapai hasil yang diharapkan.
Prinsip-prinsip belajar juga memberikan arah tentang apa saja yang sebaiknya
dilakukan oleh guru agar para siswa dapat berperan aktif di dalam proses
pembelajaran. Bagi guru, kemampuan menerapkan prinsip-prinsip belajar dalam
proses pembelajaran akan dapat membantu terwujudnya tujuan pe,belajaran yang
dirumuskan dalam perencanaan pembelajaran. Sementara bagi siswa prinsip-prinsip
pembelajaran akan membantu tercapainya hasil belajar yang diharapkan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar