Rabu, 06 Desember 2017

Manfaat Bunga Melati

bunga melati sering dijumpai di pekarangan rumah atau sebagai pembatas pagar. Bunga melati memiliki banyak manfaat mulai dari berbau adat, agamis, hingga mistis.
Ciri- Ciri Bunga Melati : daunnya hijau, berbentuk membulat, bunganya berukuran kecil, umumnya berwarna putih, berbau harum dengan mahkota bunga selapis atau menumpuk.
Manfaat tumbuhan Melati :
Khasiat bunga melati mengandung senyawa kimia yang diantaranya indol, benzyl, dan livalylaceaat. Bagian daun, akar dan bunganya.
1. Mengobati stress
Teh yang memiliki aroma melati dikenal begitu bermanfaat sebagai penghilang stress. Hal ini akan membantu Anda untuk mengurangi kecemasan serta ketegangan. Selain itu nyeri yang berada di tubuh juga akan terasa berkurang.
2. Menjauhkan diri dari kanker
Bunga melati bila di ramu menjadi teh, ia akan mengeluarkan antioksidan yang sangat tinggi serta memerangi radikal bebas di tubuh. Radikal bebas ini memiliki keterkaitan dengan perkembangan kanker yang berada di dalam tubuh, jadi dengan kata lain, bila Anda mengurangi radikal bebas di tubuh Anda, Anda juga akan mengurangi kemungkinan kanker. Selain itu antioksidan juga memberikan peran yang sangat penting sebagai pemerlambat proses penuaan.
3. Mengurangi kemungkinan stroke
Teh melati ternyata terbukti untuk mengurangi akumulasi kolesterol serta lemak di tubuh kita. Ia juga terbukti ampuh untuk mencegah pembentukan kolesterol yang bersifat jahat. Pencegahan kolesterol jahat ini akan mengurangi adanya kemungkinan penyakit stroke bahkan jantung. Oleh sebab itu, bagi mereka yang mempunyai kolesterol tinggi, sangat dianjurkan untuk mengonsumsi teh melati secara teratur.


Cara menanam bunga melati :
1. sebagai media tanam pot letakkan pecahan-pecahan bata merah sebagai dasar. Diatasnya diberi media pasir+ tanah+ pupuk organic dengan rasio 1:1:1
2. penuhi media tanam hingga sekitar 1/3 bagian pot
3. tanam bibit bunga melati dalam pot, tekan perlahan media tanam kemudian tambah media hingga 2 cm dari atas pot.
4. sirami dengan air secukupnya
5. untuk awal proses pertumbuhan, letakkan pot di tempat teduh hingga bunga melati dapat tumbuh daunnya.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar