Senin, 11 Desember 2017

PENGARUH PERKEMBANGAN DAN LINGKUNGAN PESERTA DIDIK TERHADAP PRESTASI BELAJAR

Prestasi belajar merupakan hasil pengukuran terhadap peserta didik setelah mengikuti proses pembelajaran dalam periode tertentu yang dapat diukur dengan relevan. Prestasi belajar menunjukkan tingkat keberhasilan anak dalam belajar disekolah di pengaruhi oleh beberapa faktor. Faktor-faktor tersebut yaitu faktor yang berasal dari diri sendiri (internal) dan faktor yang berasal dari luar diri (eksternal). Faktor internal yaitu faktor yang berasal dari dalam diri peserta didik, meliputi faktor jasmaniah, psikologi, dan faktor kematangan fisik maupun psikis. Faktor jasmaniah antara lain, panca indra yang tidak berfungsi sebagaimana mestinya, berfungsinya kelenjar tubuh yang membawa kelainan tingkah laku. Sedangkan faktor psikologi antara lain kecerdasan, bakat, sikap, kebiasaan, minat, kebutuhan dan motivasi. Faktor eksternal yang berasal dari peserta didik berupa faktor sosial, budaya, lingkungan fisik, dan lingkungan spiritual keagamaan. Faktor sosial meliputi lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat. Faktor budaya meliputi adat istiadat, ilmu pengetahuan, teknologi dan kesenian.
Perkembangan pribadi menyangkut perkembangan berbagai aspek psikologis yang ditunjukkan oleh sikap dan perilakunya. Setiap individu akan mengalami pertumbuhan fisik dan perkembangan non fisik yang meliputi aspek-aspek intelek, emosi, bahasa, bakat khusus, nilai dan moral, serta sikap. Perilaku individu menggambarkan perpaduan berbagai aspek itu terbentuk dan berkembang di dalam lingkungannya. Sebagaimana diketahui bahwa lingkungan tempat individu hidup dan berkembang itu sangat kompleks dan berbeda-beda. Pembawaan seorang siswa menuju keberhasilan pada prestasi belajarnya dapat dilihat dari aspek perkembangannya karena seorang anak memiliki masalah dalam prestasi belajarnya ditinjau dari anak yang memiliki prestasi rendah dan sulit di deteksi dan anak yang memiliki kesulitan dalam tingkah laku.
Lingkungan sebagai faktor eskternal berperan dalam proses perkembangan peserta didik untuk mencapai prestasi belajar. Lingkungan disini meliputi tiga macam. Pertama, lingkunngan keluarga sebagai media sosialisasi dalam pembentukan pribadi anak. Lingkungan keluarga dipengaruhi oleh status sosial ekonomi, nilai-nilai dan pandangan hidup keluarga, serta pola kehidupan keluarga lainnya seperti kedisiplinan, kepedulian terhadap agama, pendidikan, kesehatan, dan kepatuhan terhadap nilai dan norma yang berlaku di masyarakat. Kedua, lingkungan sekolah sebagai lembaga pendidikan formal yang sangat dekat dengan aktifitas anak dilihat dari cara mengajar yang menyenangkan, kurikulum, relasi guru dengan siswa yang sangat dekat, fasilitas siswa yang tercukupi, sarana dan prasarana yang memadai untuk menunjang kegiatan pembelajaran serta suasana lingkungan sekolah yang tidak ramai. Semua berperan penting dalam perkembangan prestasi belajar anak. Ketiga, Lingkungan ketiga adalah masyarakat, dilingkungan masyarakat ini anak belajar  bersosialisasi, belajar tentang norma dan budaya yang baik. Yang termasuk lingkungan sosial anak adalah masyarakat dan tetangga juga teman-teman sepermainan di sekitar lingkunan siswa tersebut. Kondisi masyarakat di lingkungan kumuh yang serba kekurangan dan anak-anak akan sangat memengaruhi aktivitas belajar siswa.
Penjelasan diatas menunjukan bahwa prestasi belajar siswa diduga ditentukan oleh perkembangan dan lingkungan yang dapat mempengaruhinya karena perkembangan seorang anak ditentukan oleh lingkungannya, apabila lingkungan itu tidak dapat berjalan secara baik, maka perkembangan anak dapat mempengaruhi prestasi belajar pada peserta didik dan begitupun sebaliknya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar